Indahnya kebersamaan itu


Senang rasanya bisa terus melihat perkembangan mereka, bisa membuat mereka patuh, bisa membuat kita dekat di hati mereka begitu juga sebaliknya.
Ada seorang ibu yang dulu adalah seorang guru umurnya 55 thn pernah memberikanku suatu nasehat sekitar 5 tahun yang lalu
” kalo menjadi guru harus benar – benar ikhlas lahir dan bathin dalam mengajar, gak usah mengharapkan imbalan apapun dari mereka , pasti kita akan mendapat kedamaian dan ketenangan dan ilmu yang kita berikan kepada siswa dapat diterimanya ”.
Apa yang beliau sampaikan memang benar adanya, aku merasakan sendiri. Walaupun aku kategori GURU yang paling ditakuti oleh siswa – siswa tersebut, tapi mereka tau kalau apa yang kulakukan pada mereka seperti menghukum, memarahi dan sebagainya karena aku memang sangat sayang dan tidak menginginkan mereka menjadi generasi muda yang tidak bertanggung jawab dengan masa depan mereka sendiri.
Mereka sudah seperti anak, teman dan sahabatku sendiri. Terkadang pola tingkah laku mereka ada yang menjengkelkan membuatku terbawa emosi, tapi kusadari itu semua bagian dari tugasku untuk mendidik mereka menjadi orang yang berguna.
Aku bisa rasakan sendiri, kalau kita memberikan pengajaran dibarengi dengan rasa kasih sayang, pasti mereka akan patuh pada gurunya dan ilmu yang kita berikan tidak sia – sia. Foto tersebut mewakili sebagian murid SMA Negeri dimana aku mengajar , sengaja kusuruh mereka untuk foto bersama supaya aku bisa menampilkan dalam blog ini sebagai wujud kasih sayangku pada mereka yang sudah menjadi penyemangatku dalam bekerja dengan kelucuan, keluguan dan kepintaran mereka
Sebelumnya aku mohon maaf kepada guru – guru senior yang ada diseluruh Indonesia. Tidak ada maksud untuk berbangga hati atau sok mengajari.
Setelah aku menjadi guru baru kusadari betapa besar jasa guru-guru dahulu dalam mendidik muridnya. Kalo di pandang dari segi GAJI,kurasakan tidak setimpal dengan apa yang dilakukan oleh guru tersebut. Point yang penting, berapapun gaji yang diterima olehnya TAPI yang namanya GURU tidak pernah mengenal yang namanya MOGOK NGAJAR. Pasti mereka selalu sepenuh hati dalam bekerja, kalaupun ada GURU yang tak bertanggungjawab itu Cuma ulah seorang oknum saja bukan seluruhnya.
Akhirnya kusadari sendiri , kepuasan menjadi GURU bukan terletak pada GAJI yang di terimanya tetapi kepuasan jika MURID yang kita ajari dapat MENGERTI dengan apa yang kita maksud dan selalu PATUH dengan apa yang kita ucapkan. Apapun yang kuceritakan dalam blog ini hanya ungkapan dari dalam hati sendiri tentang kecintaanku dengan profesiku menjadi guru yang beberapa bulan lalu pernah hampir memudar karena suatu masalah tertentu yang membuatku ingin berhenti menjadi GURU. Merekalah yang membuat kepercayaan diriku menjadi pulih kembali.
To all my students, thanx your picture special for XI.IA-1 and XI.IA-2 , I LOVE YOU ALL………..

0 komentar: