akankah hilang PERMAINAN itu...


Inilah hasil Jepretan kameraku tanggal 18 April 2008. Ntah kenapa aku tertarik lihat permainan mereka. Sudah sering aku memikirkan tentang permainan anak-anak tersebut.lewat Blogger ini aku bisa menyalurkan sedikit pikiran-pikiranku.Tanpa sengaja aku berkunjung ke sebuah SD dan mengamati bagaimana bahagianya anak-anak yang lagi bermain. Aku mengamati permainan yang mereka lakukan yang selama ini sudah hampir punah karena kemajuan teknologi.

Aku menyebutkan permainan anak-anak kampung alias wong Ndeso. Ada yang main kelereng( kalo orang Medan bilang MAIN GULI), ada yang main batu, main ENGKLEK dll.
Duh senangnya lihat anak-anak dengan permainan tersebut. Aku jadi teringat masa kecilku dulu waktu masih tinggal di desa. Permainan yang mereka lakukan, semuanya pernah aku lakukan di masa kecilku.
Tapi sekarang amat disayangkan, permainan – permainan daerah yang tidak membutuhkan biaya besar tersebut saat ini kurang diminati oleh anak-anak yang umumnya tinggal di perkotaan dan begitu juga yang tinggalnya di pelosok desa, sudah langka ditemukan. Orang tua cenderung membelikan peralatan yang berbau teknologi dengan harga-harga yang cukup tinggi.
Padahal dengan permainan-permainan daerah tersebut, anak – anak bisa beradaptasi dengan teman-teman lainnya atau dapat mempererat rasa persahabatan mereka.
Bagaimanapun juga kita tidak bisa menyalahkan orang tua yang membelikan mainan yang cukup mahal harganya.Kalo punya UANG buat beli itu WHY NOT ? ntar kalo gak di kenalkan dengan alat-alat teknologi bisa GAPTEK kan ?
Akankah kita biarkan permainan-permainan daerah tersebut hilang dari peredaran ? ataukah memang harus hilang karena pengaruh zaman ?

Sedih kalo membayangkan hal itu sampai terjadi, bagaimana negara-negara lain begitu menghargai seni tradisional kita sampai mereka rela jauh-jauh dari negaranya untuk mempelajari tari Bali, Jawa atau kesenian daerah lainnya. Sementara kita orang Indonesia se akan malas atau tak mau tau dengan semua itu. Jangankan melestarikannya, anak – anak sekarang juga kagak ngerti tuh memainkannya...apalagi orang tuanya yaaaaaaaaa?

1 komentar:

soer ( adi ) mengatakan...

wah sebaguan anak sekarang kayaknya dah gk kenal dengan permainan2 ini. sayang!!